Berikut Ini Penjelasan Apa Itu yang Di Maksud BlockChain

BY
0 COMMENTS


BlockChain adalah sebuah buku besar yang bisa diakses oleh publik. BlockChain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan BitCoin. Anda dapat mengunjungi situs seperti blockchain.info atau blockexplorer.com yang akan memudahkan Anda untuk memantau apa yang terjadi di dalam BlockChain BitCoin tersebut.

BlockChain adalah solusi teknologi yang merevolusi cara kerja internet, perbankan dan aplikasi menjadi tanpa server. BlockChain adalah cara baru untuk menyimpan data dan mencatat transaksi. Dan Teknologi BlockChain awalnya di buat pada tahun 2008 untuk menciptakan sebuah mata uang digital yaitu BitCoin kala itu.

Dunia telah berubah sejak Internet pertama kali ditemukan 35 tahun yang lalu. Kekurangan Internet saat ini adalah banyaknya aplikasi yang bersifat sentralisasi, dimana ketika satu server down, masyarakat tidak bisa lagi menggunakannya. Teknologi BlockChain muncul untuk merevolusi teknologi kita ke dunia yang lebih modern dengan system kerja yang lebih instan, transparan, dan efisien tanpa perlu bergantung pada server yang tersentralisasi.


Teknologi Peer-to-Peer

Transaksi menggunakan teknologi BlockChain bersifat peer-to-peer, dalam arti sebuah data (dapat berupa pesan, uang, atau informasi penting) dapat dipindahkan dari satu pengguna ke pengguna yang lain tanpa bantuan pihak ketiga untuk memprosesnya. Dengan BlockChain, kita tidak lagi perlu lagi bergantung pada satu server karena seluruh transaksi tereplikasi ke seluruh jaringan sehingga terhindar dari berbagai bentuk penipuan karena data yang dimodifikasi, server down, atau akun yang diretas.


Instan, Aman, Efisien dan Transparan

Pengiriman data terjadi secara instan dan efisien. Semua transaksi dan penyimpanan data terjamin keamanannya karena tereplikasi di seluruh jaringan BlockChain sehingga untuk mengubah satu data maka si peretas juga harus mengubah data yang sama di semua komputer pengguna yang lain di saat yang sama. Hal ini sangat tidak mungkin untuk dilakukan. BlockChain bersifat seperti sebuah buku besar dimana semua transaksi bersifat transparan dan bisa dicek oleh semua orang sehingga memastikan kredibilitasnya.


Smart Contracts

BlockChain menawarkan kesempatan untuk memasukkan segala bentuk perjanjian bisnis, ijasah pendidikan, akta tanah, kelahiran, pernikahan atau dokumen-dokumen penting ke dalam database BlockChain yang sangat mustahil untuk diretas maupun dipalsukan. Seluruh system berjalan tanpa pihak ketiga dan terjadi otomatis berdasarkan algoritma. BlockChain, dengan database yang terpecah dalam ratusan juta server, akan memastikan bahwa perjanjian secara otomatis akan tereksekusi, terdata dan tersimpan dalam system yang transparan sehingga dapat dicek kebenarannya.
Selamat Tinggal Dokumen Palsu.


Internet of Things

Bayangkan sebuah dunia dimana semuanya berjalan otomatis. Sebuah kamera CCTV di jalan raya dekat kantor Anda mengambil gambar secara otomatis tiap 10 menit dan mendistribusikan fotonya ke masyarakat menggunakan jaringan BlockChain. Mobil Anda, lengkap dengan GPS yang terhubung ke internet, menangkap informasi tersebut dan langsung mengubah jalur Anda untuk menghindari kemacetan yang tertangkap kamera CCTV. Di tengah jalan, mobil Anda kehabisan bahan bakar dan secara otomatis, mobil Anda mengarah ke sebuah pom bensin dan membayarkan sejumlah BitCoin untuk mengisi bahan bakar mobil Anda. Dunia seperti inilah yang bisa kita wujudkan dengan BlockChain dan semua berjalan tanpa server yang tersentralisasi sehingga tidak pernah terjadi down time.


Baca Artikel Lainnya :

*. Berikut Ini ICO Terbaik dan Terbaru Top 10 Maret April Mei 2018

*. Berikut Ini Perbedaan Antara Token dan Coin (AltCoin)

*. Berikut Ini Penjelasan Tentang Apa Itu ICO Secara Lengkap

*. Ayo Menangkan Hadiah Total 3500 dollar Dari Kontes Terbaru MIDEX Sekarang Juga

*. Perbedaan Token Utilitas dan Token Keamanan

*. Tata Cara Daftar akun dan Beli Token MIDEX

*. Review SIGNALS Salah Satu ICO Terbaik 2018

*. Review FACETER Salah Satu ICO Terbaik 2018

*. Review Bitrewards Salah Satu ICO Terbaik 2018

*. Review MIDEX Salah Satu ICO Terbaik 2018


Ilustrasi dan Instrumen Teknologi BlockChain

Sebenarnya sangat mirip dengan tempat penyimpanan data jaman dahulu. Namun blok-blok ini di hubungkan secara kriptografik untuk memastikan bahwa datanya tidak bisa di ubah.

Contoh yang paling di kenal orang dari BlockChain mungkin adalah BitCoin yang di gunakan sebagai mata uang digital. Namun masyarakat sudah mulai semakin sering menggunakan BlockChain untuk mencatat wasiat terakhir mereka atau untuk memastikan bahwa berlian mereka punya sah keberadaannya atau untuk berbagi data.

Tiap blok yang ada dalam BlockChain terdiri dari kode-kode komputer yang mengandung informasi. Seperti: surat kontrak, sertifikat, akta kepemilikan brankas atau bukti transaksi perbankan. Setiap blok yang mengandung informasi di dalam database komputer ini saling terhubung dengan blok yang lain melalui sebuah bentuk tanda tangan digital.

Sebagai contoh ilustrasinya: Ketika anda mengirimkan uang ke kerabat anda, mungkin membutuhkan proses waktu tiga hingga lima hari untuk memindahkan uangnya. Hal ini terjadi karena kita harus benar-benar memastikan dan yakin uang kita sedang bergerak kemana.

Teknologi yang ada jaman dahulu belum memungkinkan kita untuk mengirimkan uang secara cepat dan murah. Namun dengan teknologi BlockChain ini, pengiriman uang menjadi jauh lebih cepat dan murah dan juga lebih aman karena Bank harus menandatanginanya secara digital dan mereka akan punya semua alur transaksi yang pernah terjadi.

Ketika sebuah informasi di tambahkan, panjangnya rantai blok dan kompleksitas BlockChain ini juga semakin bertambah besar. Dan database komputer pun semakin bertambah seiring banyaknya orang-orang yang menggunakannya. Tetapi ketika seseorang melakukan perubahan data yang tidak terotorisasi, semua orang yang tergabung dapat melihat di mana kasus ini terjadi, dan mereka dapat memutuskan apakah perubahan ini memang valid atau tidak.

Sebagai contoh mudahnya: Anda dan saya bisa sepakat, bahwa saya akan membeli rumah anda seharga satu miliar rupiah, daripada menyewa seorang pengacara, kita bisa memasukkan perjanjian ini ke dalam jaringan BlockChain. Kontrak dan perjanjian kita akan terekam pada tanggal tersebut, di mana saya telah setuju untuk membeli rumah anda. Maka BlockChain akan membawa Anda ke sebuah buku besar yang bersifat transparan. Sehingga semua orang bisa melihat bahwa saat itu saya sudah setuju untuk membeli rumah Anda. Saya tidak bisa kembali lagi ke tanggal tersebut dan mengubah harga rumah tadi menjadi lima ratus juta.

Kita juga bisa melakukan transfer akta kepemilikan bangunan atau hal lainnya dan semua akan terdaftar secara publik di BlockChain. Buku besar yang terdistribusi ini dapat menbantu mencatat dan merekam transaksi kita tanpa ada yang bisa mengubahnya. Sebenarnya cara kerja buku besar ini sangat mirip dengan buku besar yang di miliki oleh para akuntan, tetapi ide besar dari teknologi BlockChain ini adalah adanya buku besar yang di kelola tanpa bantuan pihak ketiga.

Atau contoh lainnya adalah: Kita bisa menggunakan buku besar yang terdistribusi ini untuk menolong para nelayan di Skotlandia. Misalnya untuk membuktikan kepemilikan dari Ikan Salmon yang di tangkapnya. Kita dapat mengatakan bahwa ikan Salmon tersebut memang benar di tangkap pada tanggal sekian, di laut ini dengan cara seperti begini. Dan semua itu dapat tercatat secara transparan di dalam buku besar terdistribusi yang dapat di lacak semua orang.

Semua orang dapat memiliki replika yang sama persis dari buku besar terdistribusi ini. Tempat penyimpanan ini data dan asset ini di bagikan melalui berbagai situs berbeda. Meskipun tidak ada satu hal apapun yang tidak rentan dengan serangan cyber, tetapi sangatlah mustahil bagi siapapun untuk meretas BlockChain.

Katakanlah Anda memiliki buku besar yang terdistribusi dan di operasikan oleh ribuan komputer. Anda sudah memasukkan sebuah perjanjian di sana dan kini ada orang yang ingin masuk dan ingin mengubah data tersebut. Untuk melakukannya, orang itu tidak bisa dengan mudahnya hanya meretas komputer Anda. Tetapi dia harus meretas ribuan komputer lainnya di saat bersamaan dan mengganti data mereka dengan cara yang sama persis dengan yang dilakukannya di komputer Anda.

Teknologi BlockChain ini juga dapat membantu para petani yang bekerja dalam skala kecil. Misalnya, dengan cara mendaftarkan ketersediaannya produk mereka di dalam BlockChain. Hal ini bisa memungkinkan mereka untuk menciptakan skala ekonomi dan menjamin rantai pasokan untuk pelanggan skala besar.

Dalam ruang lingkup pemerintahan, sudah ada beberapa aplikasi baru yang berpotensi untuk di gunakan di dalam buku besar yang terdistribusi ini. Aplikasi-aplikasi ini dapat merevolusi cara kerja pemerintah dan layanan publik yang ada saat ini. saya percaya bahwa teknologi BlockChain ini akan memiliki dampak yang besar pada cara kerja kita selama ini di ruang lingkup masyarakat, pemerintah dan cara kita bersosialisasi. Dan tidak hanya dari bentuk transaksi ekonomi yang akan berubah, tetapi juga kehidupan kita sehari-hari.

Saya rasa perkembangan teknologi BlockChain ini setidaknya sama pentingnya dengan perkembangan internet. Jika internet membuat kita bisa berkomunikasi secara instan lewat dunia digital, maka BlockChain akan membuat kita bisa berbagi asset, memindahkan data dan mengamankan semua asset secara instan lewat dunia digital. Hal ini sangatlah penting dan berguna untuk seluruh bentuk layanan finansial, properti atau akta kepemilikan yang tentunya akan berdampak besar pada perekonomian bangsa kita.

(Sumber Artikel: blockchain.co.id)

BAGIKAN ARTIKEL INI :
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Achmad Surya Afandy

Advisor at Era Swap Token, Advisor at btc-alpha.com, Advisor at GSC, Expert at Experty.IO, Consultant at The Himalayan ROI, Marketing Manager at BestRate.ORG, Marketing Manager at pclab.IO


BACK TO TOP