Berikut Ini Perbedaan Antara Token dan Coin (AltCoin)

BY
0 COMMENTS


Banyaknya Coin dan Token yang sudah beredar maupun yang sedang masa ICO (Initial Coin Offering) atau ITS (Initial Token Sale) saai ini, mungkin ada di antara Anda yang belum mengetahui secara mendetail tentang Perbedaan Coin dan Token, untuk artikel kali ini penulis akan sedikit menjelaskan tentang perbedaan keduanya.

Berikut ini kutipan singkatnya:


APA ITU YANG DI SEBUT COIN???

Contoh pertama yang disebut COIN itu adalah BITCOIN karena Bitcoin adalah Coin yang pertama kalinya di ciptakan pada tahun 2008/2009 yang lalu oleh seseorang Anonymous yang menamakan diri Satoshi Nakamoto. Dan BitCoin diciptakan menggunakan sebuah protokol berbasis open source yang di sebut jaringan BlockChain.

Dan Bitcoin adalah INDUK DARI COIN LAINNYA yang disebut ALTCOIN, jadi selain Bitcoin itu disebut AltCoin (Alternatif Coin), contohnya seperti NameCoin, PeerCoin, LiteCoin, DogeCoin, AuroraCoin, Zcoin, DashCoin, LiteCoin dan masih banyak AltCoin lainnya.

Mayoritas AltCoin merupakan varian dari Bitcoin, yang menggunakan protokol open source Bitcoin dengan perubahan coding untuk membuat jenis Coin baru dengan fitur yang berbeda-beda.
Contoh AltCoin yang merupakan varian dari coding Bitcoin misalnya seperti: NameCoin, PeerCoin, LiteCoin, DogeCoin dan AuroraCoin.

Dan contoh AltCoin lain yang tidak berasal dari protokol open source Bitcoin, yang dimana menggunakan protokol baru, misalnya seperti: Ethereum, Ripple, Omni, NXT, Waves, Counterparty dan NEO. Altcoin jenis ini memiliki BlockChain tersendiri yang mencatat proses transaksi Coin tersebut.

Pada umumnya Coin atau AltCoin termasuk Token juga disebut dengan istilah CryptoCurrency atau Asset Digital.

Semua AltCoin diciptakan dengan fungsi yang sama, misalnya untuk melayani untuk pertukaran barang ataupun jasa. Sehingga harga dari setiap AltCoin itu mencerminkan bentuk uang tunai dan likuiditas.

Sementara itu kita bisa mendapatkan AltCoin dengan cara membelinya langsung di berbagai Exchanger marketplace, atau dengan cara menambangnya yang sering kali disebut Mining.

Penambangan AltCoin bisa berlangsung bertahun-tahun untuk menghasilkan AltCoin berlipat ganda hingga mencapai suplai maksimal coin tersebut.

Sebab setiap AltCoin itu mempunyai suplai maksimal masing-masing. Contohnya seperti BitCoin itu memiliki maksimal suplai 21 juta keping, begitu juga AltCoin lainnya juga memiliki suplai maksimal tersendiri.
(Anda bisa melihat semua jenis AltCoin yang sudah beredar saat ini di sini...)


APA ITU YANG DI SEBUT TOKEN????

TOKEN biasanya dibuat atas instrumen pasar tertentu atau merupakan bisnis tunggal, yang umumnya menggunakan teknologi BlockChain lain yang sudah ada. Pembuatannya di atas BlockChain yang sudah ada yang mendukung Smart Contract seperti: Ethereum, Waves maupun NEO.

Contoh Token yang sudah beredar misalnya: GAS, EOS, QTUM, ICON, POPULOUS, MAKER, REF dan masih banyak Token lainnya yang sudah beredar.
(Anda bisa melihat semua Token yang sudah beredar saat ini di sini...)

Sedangkan contoh Token yang akan datang atau yang masih dalam masa ICO ada MIDEX, Bcharity, PECUNIO, LCCX, CAPPACITY, ALFATOKEN, ECOM, FOXT, KEP, EXMO dan masih banyak lainnya.

Membuat Token jauh lebih mudah jika dibandingkan penciptaan Coin karena tidak perlu memodifikasi coding dari sebuah protokol atau membuat BlockChain baru dari nol. Yang perlu dilakukan hanyalah mengikuti Coding dari sebuah Smart Contract yang sudah ada misalnya dari platform Ethereum, Waves atau NEO untuk membuat Token tertentu.

Membuat token sangat simple dan lebih cepat, hanya membutuhakan waktu lebih singkat ketimbang penciptaan Coin atau AltCoin dan Token tidak harus di tambang atau di Mining seperti Coin atau AltCoin, cukup menentukan jumlah unit Token tersebut selanjutnya tinggal di Cetak maka akan selesai dan rampung.

Seperti halnya AltCoin, Token juga mempunyai suplai maksimal tersendiri dan tergantung sang Developer project itu sendiri.

Sedangkan Token sendiri memiliki 2 Karakteristik, (Untuk lebih jelasnya, tentang 2 karakteristik Token tersebut, silahkan anda merujuk artikel sebelumnya di sini....).

Token pada umumnya di ciptakan oleh Developer perusahaan atau StartUP tertentu untuk tujuan atau rencana pendanaan pengembangan sebuah project tertentu. Dan Token bisa juga digunakan untuk pemberian hadiah kepada pelanggan, karyawan dan lain sebagainya.
(Untuk lebih jelasnya tentang Token, anda bisa membaca artikel sebelumnya disini....).


KESIMPULAN PERBEDAAN COIN DAN TOKEN

Perbedaan utama antara Coin (Altcoin) dan Token adalah pada struktur, AltCoin adalah CryptoCurrency yang menggunakan platform BlockChain sendiri, sementara Token diciptakan dengan menggunakan BlockChain lain yang sudah ada dan tersedia dengan SmartContract (Kontrak Pintar) platform tertentu.


Baca Artikel Lainnya :

*. Berikut Ini Penjelasan Tentang Apa Itu ICO Secara Lengkap

*. Ayo Menangkan Hadiah Total 3500 dollar Dari Kontes Terbaru MIDEX Sekarang Juga

*. Perbedaan Token Utilitas dan Token Keamanan

*. Tata Cara Daftar akun dan Beli Token MIDEX

*. Review SIGNALS Salah Satu ICO Terbaik 2018

*. Review FACETER Salah Satu ICO Terbaik 2018

*. Review Bitrewards Salah Satu ICO Terbaik 2018

*. Review MIDEX Salah Satu ICO Terbaik 2018

*. Kumpulan TOP ICO 20 Rekomendasi Terbaik dan Terbaru Maret April 2018

*. Kumpulan TOP ICO 10 Rekomendasi Terbaik dan Terbaru Maret April 2018


BAGIKAN ARTIKEL INI :
Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Achmad Surya Afandy

Advisor at Era Swap Token, Advisor at btc-alpha.com, Advisor at GSC, Expert at Experty.IO, Consultant at The Himalayan ROI, Marketing Manager at BestRate.ORG, Marketing Manager at pclab.IO


BACK TO TOP